Pengertian, Kategori dan Kelebihan Kekurangan Kabel Twisted Pair Lengkap


Halo guys kali ini saya akan memberikan materi/ilmu tentang kabel Twisted Pair. Kabel transmisi memang banyak dan bermacam-macam. Mungkin kebanyakan dari kita hanya mengetahui kabel LAN yang hanya berupa Twisted Pair. Nah, Kali ini saya akan menjelaskansecara detail tentang kabel Twisted Pair. Kabel twisted pair adalah dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3.

Twisted Pair


Kabel twisted pair adalah dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3.
Twisted Pair ada 2 jenis, yakni:

A. Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya, Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan yang berpilin atau terbelit tanpa pelindung. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45. Biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Kategori UTP
Sebenarnya Terdapat ada 7 kategori cuman 5 kategori (level) lebih sering digunakan untuk kabel UTP. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi. Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori.


Kategori
Performansi (MHz)
Penggunaan
Cat 1
1
Voice, Mainframe, Dumb Terminal
Cat 2
4
4 MB Token Ring
Cat 3
10
10 MB Ethernet
Cat4
20
16 MB Token Ring
Cat 5
100
100 MB Ethernet
Berikut penjelasan tiap kategori:
  1. Kategori 1 hanya digunakan untuk komunikasi suara, biasanya digunakan untuk kabel telepon. Sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) dan ISDN.
  2. Kategori 2 dapat menghubungkan perangkat yang karakteristik transmisinya sampai dengan 4 Mbps (LocalTalk).
  3. Kategori 3 digunakan untuk transmisi dengan maksimum laju data sampai dengan 10 Mbps – 16 Mbps (Ethernet).
  4. Kategori 4 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik laju transmisinya s/d 20 MHz (16 Mbps Token Ring).
  5. Kategori 5 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya s/d 100 MHz. dikenal dengan istilah Fast Ethernet.
  6. Katgori 5e merupakan perbaikan kualitas dari kategori 5 walaupun laju data tetap pada 100 Mbps.
  7. Kategori 6 dan Kategori 7 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya 250 Mbps – 600 Mbps (kualitas baik dapat menyampaikan data dengan laju 1 Gbps). dikenal dengan istilah Gigabit Ethernet. ‘

Kelebihan kabel utp: 
- Harganya murah
- Mudah untuk pemotongannya, karena hanya dilapisi satu kulit penyelubung

Kekurangan kabel utp: 
- Rentan terhadap gangguan dari luar/noise 

B.Kabel STP
 
Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah kabel yang mirip dengan kabel UTP, hanya saja memiliki pelindung (Shield) di setiap pasangan pilinan kabel berupa kertas alumunium foil. Kabel UTP mempunyai selubung lagi yang menyelubungi ke 4 lilitan kabel di dalamnya. Fungsi lilitan dan kulit penyelubung ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran dengan intensitas yang lebih tinggi.

Kelebihan:
- Lebih tahan terhadap gangguan luar/noise

Kekurangan:
- Harganya lebih mahal
- Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi
- Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya "crosstalk" dan sinyal "noise".

C.Kabel FTP


FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses/pertukaran transfer data antara dua komputer (client dan server).
Fungsi FTP :
Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan, baik itu jaringan local maupun jaringan global (internet).
Jenis - Jenis FTP
1. FTP ServerFTP server adalah komputer server yang memberikan akses FTP ke jaringan local maupun Internet (global). Macam - macam software pembangun FTP server antara lain adalah FTPd, Pro-FTPd, Wu-FTPd, FTPX, Troll-FTPd .
2. FTP ClientFTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Kategori dan Kelebihan Kekurangan Kabel Twisted Pair Lengkap"

Posting Komentar

Berbicara lah yang benar karena Attitude seseorang dapat dinilai dari caranya dia berkata/berbicara