Pengertian Fungsi dan Jenis Tipe Data

Tipe Data

Kali ini saya akan membahas tentang Tipe Data. Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Tipe Data  apalagi jika kamu adalah seorang programer.langsung saja kita bahas tipe data

Pengertian Tipe Data

Tipe data adalah himpunan yang ada pada semua data tanpa terkecuali.Jadi dengan memahami tipe data ini,kamu dapat menilai apa yang dimiliki dari data tersebut.Kamu bakal lebih mudah menerjemahkan informsi yang kamu apat tanpa takut miskonsepsi/miskomunikasi.

Pengertian Tipe Data (Data Type) adalah jenis nilai yang dapat ditampung suatu variabel. Misalnya dapat menampung bilangan bulat, pecahan/ berkoma, karakter huruf tunggal hingga simbol dan huruf yang membentuk barisan karakter.

Jeni-jenis Tipe Data (Data Type)

Secara umum, jenis tipe data itu dibedakan menjadi dua, yakni tipe data sederhana, tipe data composite dan tipe data lainya. Untuk lebih jelas, berikut penjelasanya:

1.Tipe Data Primitive (Sederhana)

Tipe data primitive adalah Tipe data dasar yang hanya dapat menyimpan satu jenis nilai pada satu buah variabel. Tipe data ini sering dipakai oleh programmer karena mudah digunakan dan sama dengan bahasa pemrograman yang lain.
Beberapa contoh tipe data primitive yang sering dijumpai adalah tipe numerik (integer, real/float), karakter (char), barisan karakter (string) dan boolean (True atau False).
  1. Tipe Data Numerik
    Tipe Data Numerik merupakan tipe data yang berbentuk angka, dimana terbagi menjadi tipe data integer dan real/float. 
  2. A Integer
    Integer merupakan tipe data yang berupa bilangan bulat. Adapun rangenya adalah sebagai berikut :
    Tipe DataUkuran TempatRentang Nilai
    Byte1 byte0 s/d +255
    Shortint1 byte-28 s/d +127
    Integer2 byte-32768 s/d 32767
    Word2 byte0 s/d 65535
    Longint4 byte2147483648 s/d 2147483647
     
  3. B Real/Float
    Real/Float adalah bilangan pecahan atau berkoma.
    Tipe DataUkuran TempatRentang Nilai
    real6 byte2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
    single4 byte1.5 x 1045 s/d 3.4 x 1038
    double8 byte5.0 x 10-324 s/d 1.7 x 10308
    extended10 byte3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x 104932
    comp8 byte-9.2x 1018 s/d 9.2x 1018
  4.  
  5. C.Tipe Data Karakter (Char)
    Char Merupakan tipe data yang hanya menyimpan satu digit angka atau huruf.
    Contoh penggunaannya adalah :
    Karakter huruf : ‘a’..’z’,’A’..’Z’
    Karakter angka : ‘0’..’9’
  6.  
  7. D.Tipe Data String
  8. String adalah tipe data yang berbentuk barisan karakter baik angka, huruf maupun simbol.
    Contoh string : "P3rk3n4lk4n, N4m4 $4y4 R@n66@_$@putr@."
    Tipe Data Boolean
    Boolean adalah tipe data logika, dimana hanya mengenal dua buah nilai 1 atau 0, True atau False, Gelap atau Terang, Benar atau Salah. Dalam penggunaannya, Boolean hanya memakai memori paling sedikit.

2.Tipe Data Composite

Composite adalah tipe data yang dapat menyimpan banyak nilai dengan jenis yang berbeda-beda. Contohnya sebagai berikut :
  • Array/ larik, merupakan tipe data yang sudah terstruktur dengan baik dan sederhana. Array ini dapat menyimpan beberapa data yang samadan satu variable, misalnya integer saja.
  • Record/ struct, merupakan tipe data yang menampung data dengan tipe berbeda, misalnya satu bagian integer.
  • Image, adalah tipe data grafik. Contohnya adalah perkembangan jumlah siswa, foto keluarga, video perjalanan dll. Dalam bahasa pemrograman modern tipe data ini sudah didukung dengan sangat baik.
  • Date time, merupakan nilai data untuk tanggal dan waktu dalam format yang spesifik dan secara internal. Selain itu variable atau konstanta pada tipe ini berfungsi menyimpan baik tanggal maupun jam.
  • Object, merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang berhubungan dengan objek-objek yang disediakan oleh visual basic, Delphi dan GUL. Contohnya saat kamu mempunyai form dengan control command button atau diberi nama Command1.
  • Subrange, merupakan tipe data dengan jangkauan nilai sesuai penetapan pemrograman. Data ini telah mendapat dukungan Delphi dan biasanya terdapat batas minimum dan maksimum.
  • Enumerase, merupakan tipe data yang dilengkapi dengan elemen dan harus disebut satu persatu. Selain itu data ini juga bernilai konstanta yang diwakili oleh suatu nama variabel.

3.Tipe Data Lainnya

Tipe data lainya adalah tipe data yang tidak masuk dalam dua jenis data di atas. Beberapa jenis tipe data ini misalnya: 1) Tipe Data Terstruktur yang terdiri dari Tipe Data String dan Tipe Data Set; 2) Tipe Data Pointer yang terdiri dari Typed (tertentu) dan Generic (umum).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fungsi dan Jenis Tipe Data"

Posting Komentar

Berbicara lah yang benar karena Attitude seseorang dapat dinilai dari caranya dia berkata/berbicara