Pengertian Kelebihan & Kekurangan dari Root Android




Halo sobat balik lagi diblog erlanggaputraa kali ini saya akan bahas tentang ROOT pada android. pasti kalian sering dengar teman/saudara kalian bertanya "hp mu udh di root ga?"  nah pasti kalian bingung root itu apa sih? langsung aja mimin bahas yaa 😊




Pengertian ROOT

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hape) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan


Fungsi android yang di ROOT


Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.


Kelebihan dan Kekurangan android yang di ROOT

 A. Kelebihan
1. Dapat Menghapus Aplikasi/Bloatware bawaan Android

HP Android umumnya memiliki berbagai aplikasi bawaan/bloatware yang jarang banget kamu gunakan, atau bahkan nggak berguna sama sekali. Yang ngeselin, beberapa aplikasi bawaan ini nggak bisa dihapus dengan cara biasa, bahkan nggak bisa di-disable. Untuk menghapusnya, kamu butuh akses root Android. contohnya seperti aplikasi dari Google kyk Google Play Book,Google Weather ,dll

2. Android dapat lebih ngebut dalam Multitasking



Kinerja HP Android kamu dapat dibuat lebih ringan dan ngebut dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan menginstal TWEAK  yang dapat membuat RAM kamu jadi jauh lebih lega dan kinerjanya jadi makin ringan.



3.Bisa Menggunakan Custom ROM


Untuk kamu yang bosan dengan tampilan Android kamu / bosan dengan versi Android kamu ,kamu bisa instal custom rom tapi dengan syarat kamu harus ROOT android kamu dulu. Dengan menggunakan custom rom tampilan android kamu akan lebih keren dengan kostumisasi rom yang telah di modifikasi selain itu kamu juga mendapatkan bisa upgrade os dengan syarat Kernel dengan Spek Hp harus sama dengan CustomROM yang akan kamu instal.

  B.Kekurangan
1. Garansi Hilang

Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis. Jadi, kalau terjadi error sistem atau bahkan kerusakan komponen, pihak produsen tidak bertanggung jawab.

2. Kerusakan Sistem

Bagi kamu yang sering ngoprek HP Android, pasti sudah nggak asing kan dengan istilah-istilah di atas? Intinya sih, jika terdapat kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan root juga beresiko merusak komponen alias hardware HP Android kamu, loh! Yap, inilah salah satu resiko terbesar yang mengancam HP Android yang di-root.

3. Keamanan Android Melemah

Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware. Namun, hal ini dapat dicegah dengan penggunaan yang benar, serta tidak men-download aplikasi Android secara sembarangan.

Mungkin segitu dulu aja ya nanti kalo ada yang kurang mimin tambahin dehhπŸ˜‰
Jangan lupa share ke teman/saudara kalian 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kelebihan & Kekurangan dari Root Android"

Posting Komentar

Berbicara lah yang benar karena Attitude seseorang dapat dinilai dari caranya dia berkata/berbicara